News Update :

Game-Game Balap Mobil yang Nggak Cuma Nge-gas Doang

Senin, 10 Agustus 2015



1. Need for Speed Underground 2 (2004)Developer: EA Canada
Game ini merupakan sequel dari Need For Speed Underground (2003) dan merupakan seri ke-8 dari serial Need For Speed. Gameplay-nya masih sama dengan pendahulunya, tetap bernuansa balap mobil jalanan kota ala film The Fast of The Furious. Hanya saja sekarang pemain lebih bebas menjelajahi kota dengan mode free roam, dan memilih even racing mana yang disukai. Lho mananya yang non-mainstream kalau cuma balapan liar biasa?! Tunggu dulu, nilai jual game ini bukan hanya balapannya tapi mode kustomisasi mobil andalan kita. Layaknya acara TV Pimp My Ride, kita dapat mendandani mobil kita dengan berbagai body-parts yang super keren, seperti rear wing, velg, hood, tribal paint, bahkan berbagai asesoris yang tidak ada hubungannya dengan balapan seperti neon, audio set di bagasi mobil atau bahkan widget speedometer di dashboard. Walau ada beberapa waktu kemudian muncul game-game serupa, TS rasa NFSU2 adalah yang terbaik.

2. Burnout: Paradise (2009)Developer: Criterion Games

Burnout Paradise merupakan seri kelima dari serial Burnout yang populer di PS2. Gameplay-nya mengusung open world racing dimana player dapat berkeliling kota Paradise City untuk mencari even2 balapan. Ada beberapa jenis balapan yang tersedia. Yang menarik, jika game balapan lain rute balapan sudah ditentukan, di game ini posisi nomor satu berhak menentukan rute balapan. Peserta dibelakangnya yang tidak menuruti rute yang dilalui oleh posisi nomor satu dianggap kalah. Nah yang paling hebat, segala cara dihalalkan buat mencapai kemenangan, termasuk memepet dan menabrak mobil peserta lain sampai hancur (wrecked). Bahkan adegan saat mobil peserta hancur digambarkan dalam cuplikan sinematik khas film-film Hollywoodyang dramatis. Adegan sinematik juga muncul saat mobil player melompati jembatan atau gedung. Yang mengejutkan, fitur Crash Mode ternyata tetap dipertahankan, yang kini disebut Showtime. Fitur gila ini memungkinkan player menghancurkan mobil-mobil tak berdosa di jalanan untuk mendapatkan poin dalam jumlah tertentu. Hal keren lainnya dari game ini? Yess, lagu Paradise City dari Gun N Roses menjadi soundtrack utama game ini.

3. Sonic & Sega All-Stars Racing (2010)Developer: Sumo Digital

Game ini mirip-mirip dengan CTR milik Playstation, dimana semua karakter franchise milik Sega berkumpul dan bertanding di arena balap go-kart. Beberapa karakter sangat familiar yaitu Sonic, Tails, Doc Robotnic, Amy Rose dan Knuckle (Sonic series), Amigo (Samba De Amigo), Ryo Hazuki (Shenmue), Akira Yuki (Virtua Fighter) dan lainnya. Masing-masing karakter memiliki kendaraan yang punya karakteristik yang berbeda-beda. Ada 3 jenis kendaraan yaitu go-kart, motorcycle dan hovercraft. Gameplaynya juga tidak sekedar ngegas doang, tetapi di tiap track disediakan berbagai item yang berisi senjata weapon untuk "mengganggu" peserta lain, seperti menembakkan rudal atau melontarkan jebakan spike untuk menghancurkan mobil lawan. Masing-masing karakter mempunyai jurus pamungkas yang bernama "All-Star Move" yang membuat karakter bergerak secepat kilat dan tak terkalahkan. Pilihan tracknya juga unik karena semuanya merupakan stage dari game-game Sega seperti Seaside Hill dari game Sonic, Curien Mansion dari game House of the Dead, dan lainnya. Graphicnyapun penuh warna warni dan dengan detail yang luar biasa.

4. Need for Speed: Most Wanted (2005)Developer: EA Black Box
Berbalap ria dengan dikejar polisi sebenarnya merupakan formula lawas yang sudah diterapkan oleh game Need For Speed 3: Hot Pursuit (2001). Formula ini diterapkan kembali di game ini, dengan beberapa penambahan fitur baru. Polisi akan melakukan pengejaran jika memergoki player di free-roam mode (seperti mode free-roam di NFS Underground 2). Bahkan derajat pengejaran polisi ditentukan oleh heat level yang akan terus meningkat seiring durasi pengejaran dan besarnya damage yang ditimbulkan oleh player. Makin tinggi heat level, makin ganas para polisi mengejar. Pada heat level tertinggi, polisi akan menyebar banyak road-trap blockade seperti spike trap, roadblock dan helikopter yang akan makin menyulitkan player untuk lolos. Bahkan mobil polisi akan berganti menjadi jenis SUV yang super kuat. Dalam Career Mode, tidak seperti game Need for Speed sebelumnya, di game ini terdapat plot cerita dengan FMV ala film action. Misi dalam career mode cukup sederhana, kita harus mengalahkan para pembalab jalanan yang disebut Blacklist. Ada 15 orang Blacklist dan makin kecil angkanya, makin sulit doi dikalahkan. Game ini juga menyediakan opsi modifikasi layaknya NFS: Underground 2, tetapi tidak sekomplit dulu. Hanya beberapa body-parts yang penting-penting saja. Graphicnya sangat luar biasa untuk ukuran game tahun itu, terutama efek HDR dan pencahayaan.

5. F1 Race Stars (2012)Developer: Codemasters Birmingham
Secara gameplay, game ini jelas meniru game-game sejenis seperti CTR, Mario Kart dan Sonic & Sega All Star Racing, game balapan gokil dengan karakter kartun dengan graphic full colour. Tetapi yang membedakan, semua karakter yang ada adalah para pembalap Formula 1 beneran yang dirender berbentuk super-deformed (animasi karikatur dengan bentuk kepala besar dan badan cebol, biasa dalam anime / game Jepang). Saat bertanding, seperti game sejenis, di sirkuit tersebar berbagai item yang dapat digunakan player sebagai weapon untuk mengganggu pembalap lain, seperti tembakan rudal dan gelembung. Hanya saja sebuah tembakan akan menghasilkan damage yang akan mengurangi performa mobil. Untuk mereparasinya, player dapat menggunakan pitstop. Roster para pembalab dan team konstruktor mengikuti season saat game ini dirilis yaitu tahun 2012 seperti Sebastian Vettel dan Mark Webber (Red-Bull), Lewis Hamilton & Jenson Button (McLaren), Fernando Alonso & Felipe Massa (Scuderia Ferarri), Michael Schumacher & Nico Rosberg (Petronas), dan lainnya. Serta ada tambahan dua pembalap cewek dari team fiksi yaitu Ruby Power & Jessica Chekker (TecNova Star) serta Josh Merit & Kira Hoshihara (Satsu-Aceler). Untuk sirkuit mengikuti sirkuit yang ada di dunia nyata tetapi dengan modifikasi agar sesuai dengan gameplay yang cenderung fun.

6. FlatOut 3: Chaos & Destruction (2011)Developer: Team6 Game Studios
Sudah menjadi pakem dari Flatout series dimana gameplaynya lebih mengedepankan tabrakan hancur-hancuran daripada balapannya sendiri. Di game ini, formula gila tersebut dipertahankan. Ada 9 game mode yang ditawarkan, tapi TS sendiri hanya sempat mencoba yang Racing Mode dan Monster Truck Mode. Racing Mode merupakan mode standard, dimana ada 16 mobil yang akan bertanding balapan. Tentu saja dalam balapan, menabrak dan menghancurkan mobil peserta lain di perbolehkan bahkan wajib dilakukan jika ingin meraih kemenangan. Tabrakan dan ledakan disuguhkan secara brutal disini. Jika salah satu peserta mobilnya hancur (wrecked) maka akan dianggap kalah saat itu juga (DNF). Sedangkan Monster Truck Mode adalah mode dimana player harus mengemudikan monster truck / bigfoot menghancurkan berbagai benda di arena sperti drum dan tumpukan kayu. Game ini banyak mendapat respon negatif karena graphic-nya yang buruk, dan gameplay-nya yang chaotic sehingga susah dimainkan. Tapi bagi yang suka balapan rusuh hancur-hancuran game ini recomennded.
7. Blur (2010)Developer: Activision
Game ini sekilas mirip game-game racing biasa, dimana balapan berada di sebuah arena baik di sirkuit balap maupun lingkungan urban. Nah yang membedakan di sirkuit balapan tersebar berbagai item power-ups yang bisa diambil dan dimanfaatkan para peserta balapan untuk advantage tertentu dan bisa juga berfungsi sebagai senjata untuk mengganggu peserta lain. Misalnya item boost yang dapat mempercepat laju mobil berlipat-lipat hingga durasi tertentu dan item yang dapat membuat player menembakkan semacam lightning-beam yang dapat membuat mobil peserta lain terpental dan menimbulkan damage. Yup, mirip-mirip game Sega All Star ataupun Crash Team Racing tetapi lebih sederhana. Beberapa arena balapan mengambil tempat yang ada di dunia nyata seperti kota London, New York, Los Angeles, dll. Hebatnya mobil-mobil yang ada di game merupakan mobil yang ada di dunia nyata seperti Opel Astra, Viper GTSR, Lotus Exige, dll yang masing-masing mempunyai ability seperti speed, grip dan handling yang berbeda-beda. Satu lagi, graphic game ini bener-bener maknyuss.

8. Need for Speed: Hot Pursuit (2010)Developer: Criterion Games

Dari judulnya, para penggemar game balap Need for Speed pasti sudah tidak asing lagi dengan judul tersebut. Game ini merupakan game reboot dari Need for Speed: Hot Pursuit 2 (2002). Gameplaynya masih dipertahankan yaitu balapan dengan sensasi dikejar oleh mobil polisi. Sensasi arcade sangat terasa disini, karena memang game ini benar-benar "membutuhkan kecepatan" sesuai temanya yaitu balapan dan pengejaran. Mobil-mobil sport mewah nan eksotis macam Porsche 360 Spider, Lamborghini Gallardo LP 570-4 Superleggera, Mercedes Benz SLS AMG, dan lainnya ada di sini. Disamping berpacu untuk merebut kemenangan, player juga dituntut melepaskan diri dari kejaran polisi. Armada polisi juga tidak main-main karena mereka juga mempunyai mobil-mobil state-of-the-art macam Dodge Viper GTS 10-SRT, Lamborghini Murcielago LP 650-4 Roadster bahkan Murcielago LP 670-4 Super Veloce. Selain mengejar, polisi juga kadang memasang roadblock dan roadspike yang sering susah dihindari. Yang menarik, kita juga dapat berperan sebagai polisi dengan armada mereka yang nan eksotik untuk mengejar dan menghancurkan mobil para "speeder". Tidak seperti Need for Speed sebelumnya, kustomisasi ditiadakan disini karea fokus utama game ini adalah balapan dan pengejaran. Untuk urusan graphic, detail yang ditawarkan benar-benar luar biasa.

9. Gas Guzzlers Extreme (2013)Developer: Gamepires
Pernah nonton film Death Race yang dibintangi Jason Statham? Yup, premis seperti balapan di film tersebut yang coba ditawarkan dalam game ini, dengan skala yang lebih chaotic dan brutal. Sebenarnya game ini merupakan sequel dari Combat Carnage yang dirilis setahun sebelumnya. Ada beberapa mode game yaitu racing battle, knockout, power battle dan arena battle. Jangan berharap ketemu dengan mobil-mobil eksotis dan mewah seperti di game Need for Speed, di game ini justru bertebaran mobil-mobil tipe muscle. Walaupun ada beberapa mobil sport juga. Nama-nama mobilnya pun seperti plesetan merk mobil terkenal seperti Power Perkan (Fiat), El Matador (Lamborghini Aventador), Defiant Regale (bemo musuhnya Mr Bean), Modder RLS Benzen (Mercedes Benz CLK-320 Coupe), dan lainnya. Gameplaynya seperti yang sudah dijelaskan, mirip dengan film Death Race dimana masing-masing peserta dibekali berbagai macam senjata di mobilnya untuk menghancurkan peserta lainnya. Jenis senjatanya pun beragam seperti machine gun, shot gun dan rocket launcher yang dapat diisi dengan mengambil item-item yang tersebar di sirkuit. Jadi tidak heran nuansa balapan di game ini lebih mirip medan perang. Untuk graphicnya, bisa dibilang graphic game ini yang paling bagus dibanding semua game yang ada di list. Kereeennn!!!

10. Ridge Racer Unbounded (2012)Developer: Bugbear Entertaintment

Ridge Racer merupakan sebuah franchise game racing yang sudah tidak asing lagi bagi penggemar balap mobil dan merupakan saingan kuat game balap mobil fenomenal Gran Turismo. Gameplay-nya lebih cenderung arcade dengan mobil-mobil futuristik. Dan satu lagi yang tidak bisa dilupakan? Haaa, tentu saja sang race queen Reiko Nagase yang telah identik dengan seri ini. Dan sayang seribu sayang, di seri Unbounded, semua hal yang kita kenal dari seri Ridge Race tidak akan kita temui, termasuk Reiko juga. Secara gameplay, Unbounded merupakan seri Ridge Racer yang benar-benar baru, kalau tidak bisa dibilang melenceng dari pakemnya. Kali ini setting tempat berada di kota fiktif bernama Shatter Bay. Ada beberapa mode yang bisa dimainkan termasuk Normal Race dan Domination (mirip knockout mode). Nuansa balapannya mirip Flatout dimana peserta balapan dapat menabrak atau memepet peserta lain sampai hancur. Menarik, player dapat menerobos dan menghancurkan bangunan untuk mendapat kredit tertentu. Saat player menghancurkan mobil pemain atau bangunan akan muncul adegan sinematik yang menawan khas film Hollywood. Bagi penggemar seri Ridge Racer mungkin akan kecewa dengan perubahan gameplay tersebut. Terus apakah game ini jelek? Sama sekali tidak!! Sangat direkomendasikan bagi penggemar game balap, terutama balap liar. Graphicnya?? Ruarrr biasa!!

11. Split/Second (2010)Developer: Black Rock Studio, Sumo Digital
Sudah banyak game-game racing yang mengedepankan aksi saling menghancurkan di arena demi meraih kemenangan, tapi belum ada yang menawarkan aksi menghancurkan lingkungan di sekirtar sirkuit dengan ledakan super masif demi menghancurkan mobil peserta lainnya. Split/Second menawarkan sensasi tersebut dan hebatnya game ini berhasil mengeksekusinya dengan sangat sempurna dengan efek ledakan ala film-film action Hollywood. Sekilas, game ini seperti game racing lainnya dengan balapan ala arcade di sirkuit perkotaan. Mobil-mobil yang tersdia kebanyakan mobil fiktif futuristik. Tetapi yang membedakan, adalah fitur bernama Power Play. Fitur ini mengijinkan player untuk men-trigger ledakkan di gedung, pom bensin bahkan mengancurkan pesawat di bandara demi menghancurkan mobil peserta lain ataupun membuka sebuah jalan pintas. Power Play bisa didapat dengan cara drift, close-call atau jumping, dan saat icon biru muncul di sebuah tempat di sirkuit, pencet tombol trigger lalu booommm!!! Tentu saja fitur Power Play menjadikan balapan yang awalnya biasa menjadi balapan non-stop action. Memacu mobil sambil menghindari pesawat terbang jatuh tepat di depan mata? Hmm lebih mirip balapan di tengah bencana ala film 2012.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar