News Update :

Resep Membuat Serabi Yang Enak

Minggu, 13 Maret 2016

Serabi adalah makanan sejenis kue tradisional yang rasanya manis dan biasanya berbentuk bulat. Serabi atau srabi terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa dan dimasak di atas arang mirip pannekoek atau pannenkoek tanpa menggunakan minyak, sehingga ciri khas serabi/ srabi adalah agak gosong dikit. Tapi justru inilah yang membuat serabi menjadi enak. Makanan Serabi yang terkenal di kota Solo adalah Serabi Notosuman.Langsung saja ini resep membuat serabi yang ueeenak.


Bahan-bahan :

  1. Tepung beras 100 gram
  2. Tepung terigu 1 sendok makan
  3. Santan kental 350 mili liter
  4. Gula pasir 25 gram
  5. Vanili bubuk 1/2 sendok teh
  6. Yeast atau fermipan 1/2 sendok makan
  7. Baking soda 1/4 sendok teh
  8. Secukupnya daun pandan
  9. Garam 1/4 sendok makan
  10. Secukupnya daun pisang 
Cara Membuat :
  1. Pertama-tama panaskan santan dan daun pandan , terus aduk-aduk hingga mendidih , lalu diamkan santan sampai suam kuku atau hangat .
  2. Ambil kurang lebih 50 mili liter santan bagian atasnya untuk areh .
  3. Kemudian campur semua bahan kering , aduk hingga rata .
  4. Tuangkan 300 mili liter santan ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga rata .
  5. Kemudian keplok-keplok adonan hingga adonan licin , kemudian diamkan selama satu jam hingga adonan berbusa .
  6. Panaskan cetakan serabi dengan menggunakan api sedang , kemudian aduk-aduk adonan dan tuangkan 1 sendok sayur adonan ke dalam cetakan serabi .
  7. Selanjutnya ratakan pinggiran adonan dengan menggunakan punggung sendok sayur , dan tunggu hingga permukaan serabi berlubang , lalu beri 1 sendok teh santan areh dan bahan taburan .
  8. Tutup cetakan , kemudian masak serabi hingga matang .
  9. Terakhir siapkan daun pisang , potong kecil-kecil , angkat serabi lalu letakan diatas daun pisang agar tercipta wangi yang khas dari daun pisnag .
Selesai , bagaimana cukup mudah bukan dalam pembuatan serabi solonya ? selain pembuatan yang cukup mudah , bahan-bahan yang dibutuhkan pun cukup terjangkau . jadi anda harus mencoba membuat serabi solo ini dirumah yahhhh , biar tidak ketinggalan akan rasa enak , gurih dan nikmat yang terdapat pada resep ini . silahkan mencoba
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar